Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Salah satu unsur penting pelayanan di rumah sakit adalah pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien…
Kepuasan menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasan responden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian tentang Tingkat Kepuasan Responden Terhadap Pemberian Informasi Obat Di Apotek Mandiri Smart Kota Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan responden terhadap Pemberian informasi obat di apotek Mandiri Smart Kota Pekanbaru berdasarka…
Kepuasan menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasanresponden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitiantentang Tingkat Kepuasan Responden Terhadap Pelayanan Informasi Obat DiPuskesmas Rimba Melintang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasanresponden terhadap Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Rimba Melintangberdasarkan lima (5) dimensi kualit…
Kepuasan menjadi bagian paling penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasan responden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemberian informasi obat swamedikasi oleh petugas apotek pada masa pandemi COVID-19 di kecamatan Tuah Madani kota Pekanbaru tahun 2021 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat ter…
Swamedikasi atau self medication adalah upaya yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menggunakan obat yang dibeli tanpa resep dokter untuk mengatasi keluhan. Sebuah studi menunjukkan peningkatan jumlah pencarian pengobatan sendiri di seluruh dunia sejak pandemi COVID-19 diumumkan, dan ini akan menjadi indikasi meningkatnya minat dalam pengobatan mandiri di seluruh dunia. Pemberia…
Swamedikasi merupakan upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri. Awal tahun 2020, dunia di gemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu Coronavirus jenis baru (SARS-coV-2) dan penyakitnya disebut Covid-19. Selama pandemi, terjadi peningkatan praktik swamedikasi prevalensi swamedikasi meningkat dari 36,2% menjadi 60,4%. Salah satu penyakit yang terbanyak dilakukan swamedika…
Swamedikasi merupakan upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri. Pada awal 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu Coronavirus jenis baru (SARS-coV-2) dan penyakitnya disebut Covid-19. Selama pandemi terjadi peningkatan praktik swamedikasi, salah satu penyakit terbanyak yang dilakukan swamedikasi adalah common cold. Penelitian ini bertujuan melihat gamba…
Persepsi menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab persepsi responden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Penggalian Informasi Swamedikasi di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Tahun 2021 bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi masyarakat terhadap pelayanan penggalian informasi di Kecamatan Tuah …
Kepuasan menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasan responden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian tentang Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Penggalian Informasi Swamedikasi Oleh Petugas Apotek Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Tahun 2021 bertujuan untuk mengetahui pelayanan penggalian informasi s…
Hipertensi merupakan suatu gangguan sistem peredaran darah yang banyak mengganggu kesehatan masyarakat, termasuk dalam penyakit tidak menular (PTM), peyakit dengan durasi panjang berkembang secara lambat yang dapat mengancam jiwa. Ketaatan atau adherence suatu prilaku sebagai sikap aktif, sukarela dalam perilaku untuk menghasilkan outcome theraphy. Ketaatan merupakan hal sangat penting pada pen…