SKRIPSI
Analisis Korelasi Pengetahuan,Sikap, Dan Perilaku Generasi Milenial Terhadap Penggunaan Kosmetik Yang Dijual Secara Online Di Kota Pekanbaru
Generasi milenial adalah generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an, sehingga dapat dikatakan generasi milenial adalah generasi muda masa kini yang berusia sekitar 19?39 tahun. Generasi ini merupakan generasi modern yang hidup di pergantian milenium sehingga generasi ini sangat dekat dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Generasi ini mudah terpapar informasi, promosi, serta menikmati kemudahan akses pembelian produk secara online, termasuk produk kosmetik. Namun, produk kosmetik tersebut belum tentu memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutu. Tujuan: untuk menganalisis apakah ada korelasi antara pengetahuan generasi milenial tentang kosmetik, sikap, dan perilaku generasi milenial dalam membeli atau menggunakan kosmetik yang dijual secara online. Metode: Penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah generasi milenial yang berada di Kota Pekanbaru yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 255 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara non random sampling dengan metode purposive sampling. Responden mengisi kuesioner yang berisi 38 pernyataan. Data yang diperolah dalam bentuk kategorik kemudian diolah dengan menggunakan program komputer. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara pengetahuan terhadap sikap dengan kekuatan korelasi lemah (r=0,216 dan p=0,003), sikap terhadap perilaku dengan kekuatan korelasi sedang (r=0,472 dan p=0,000), dan pengetahuan terhadap perilaku dengan kekuatan korelasi lemah (r=0,342 dan p=0,000) .
Tidak tersedia versi lain