LAPORAN TUGAS AKHIR (LTA)
Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah Jemaja Kab. Kep Anambas Pada Bulan Juni Tahun 2022
Pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesehatan. Pelayanan kesehatan masyarakat meliputi pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit (RS), Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat), klinik dokter dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Jemaja Kab. Kep Anambas pada bulan Juni tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan observasional/survei pada pasien yang datang ke Rumah Sakit Umum daerah Jemaja, dengan jumlah sampel adalah 83 yang harus memenuhi kriteria inklusi. Karakteristik responden berdasarkan rentang usia adalah dewasa awal (21-40 thn) 49,40%, dewasa madya (41-60 thn) 46,99% dan dewasa lanjut (? 61 thn) 3,61%. Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin adalah laki-laki sebanyak 43,37% dan perempuan sebanyak 56,63%. Karakteristik responden berdasarkan pendidikan terakhir adalah pendidikan rendah (tidak sekolah-SD) 13,25%, pendidikan menengah (SMP-SMA/Sederajat) 67,47% dan pendidikan tinggi 19,28%. Sedangkan tingkat kepuasan pasien selaku responden, menunjukan bahwa persentase tingkat kepuasan dari urutan persentase yang paling besar meliputi: dimensi kehandalan 77,52%, dimensi ketanggapan 72,10%, pada dimensi jaminan 71,84%, dimensi perhatian 67,36% dan yang terakhir yaitu pada dimensi penampilan fisik 63,89%. Sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSU Daerah Jemaja, secara keseluruhan sebesar 70,54% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas.
Tidak tersedia versi lain