LAPORAN TUGAS AKHIR (LTA)
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informasi Obat Swamedikasi Di Apotek Keluarga Grup Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru
Tingkat kepuasan menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab tingkat kepuasan responden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian tentang Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informasi Obat Swamedikasi di Apotek Keluarga Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pemberian informasi obat swamedikasi di Apotek Keluarga Grup Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru berdasarkan lima (5) dimensi kualitas pelayanan yakni reliability, responsiveness, empathy, assurance dan tangible. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian observasional dengan rancangan penelitian secara deskripstif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling secara accidental sampling terhadap 100 orang responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian didapatkan gambaran tingkat kepuasan responden yakni pada aspek reliability 92,7%, responsiveness 90%, empathy 92,7%, assurance 92%, dan tangible 91,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pemberian informasi obat swamedikasi di Apotek Keluarga Kecamatan Binawidya masuk dalam kategori sangat puas dengan rata-rata 91,7%.
Tidak tersedia versi lain