SKRIPSI
Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS Dengan Non-BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Bangkinang Dengan Menggunakan Model Servqual
Kepuasan pasien adalah hasil yang dirasakan oleh pasien ketika pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS dan non-BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Bangkinang dengan menggunakan model servqual. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional yang melibatkan pasien rawat jalan BPJS dan non-BPJS yang telah selesai menerima pelayanan farmasi di RSUD Bangkinang. Pengambilan sampel dilakukan secara non-random melalui metode purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 110 responden, terdiri dari 55 pasien BPJS dan 55 pasien non-BPJS. Data dikumpulkan melalui kuesioner servqual dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien baik BPJS (80%) maupun non-BPJS (74,6%) sudah merasa puas dengan pelayanan kefarmasian yang diterima. Sebagai kesimpulan walupun terdapat sedikit perbedaan kepuasan pada pasien BPJS dan non-BPJS, terutama terkait keandalan dan daya tanggap. Analisis statistik chi square menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan non-BPJS dengan nilai (p-value > 0,05).
Tidak tersedia versi lain