SKRIPSI
Korelasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru
Pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan yang wajib disediakan rumah sakit. Terdapat beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh Instalasi Farmasi Rumah Sakit, salah satunya adalah kepuasan pasien dan waktu tunggu pelayana resep, yang di anggap dapat mempengaruhi ekspektasi pasien terhadap pelayanan Rumah Sakit, khususnya pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional yang melibatkan pasien rawat jalan yang sedang menebus obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan total sebanyak 110 pasien, terdiri dari 55 pasien non racikan dan 55 pasien racikan. Stopwatch dan kuesioner masing- masing digunakan sebagai instrumen mengukur waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien. Analisis data pada penelitian ini ada 2, yaitu waktu tunggu dengan kepuasan pasien untuk obat non racikan dan waktu tunggu dengan kepuasan pasien untuk obat racikan. Analisis data dilakukan dengan uji Spearman. Dari penelitian ini, terdapat korelasi antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien pada resep non racikan (p=0,036) dan terdapat korelasi antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien pada obat racikan (p=0,019).
Tidak tersedia versi lain