LAPORAN TUGAS AKHIR (LTA)
Tingkat Kepuasan Responden Terhadap Pemberian Informasi Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Awal Bros Panam
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Salah satu unsur penting pelayanan di rumah sakit adalah pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pemberian informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu bagi pasien. Salah satu parameter yang menunjukkan keberhasilan pemberian informasi obat adalah melalui kepuasan responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan responden terhadap pemberian informasi obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Awal Bros Panam. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian observasional dengan rancangan penelitian secara deskriptif terhadap 100 orang sampel penelitian. Penelitian terhadap kepuasan didapatkan hasil penyebaran kuesioner yang memuat 5 (lima) dimensi pelayanan kefarmasian, yaitu reliability, responsiveness, emphaty, assurance dan tangible. Hasil penelitian didapatkan kepuasan responden yakni pada aspek reliability 81,19%, responsiveness 85,39%, empaty 88,04%, assurance 87,95% dan tangible 88,65%. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menebus obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Awal Bros Panam merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain