LAPORAN TUGAS AKHIR (LTA)
Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemberian Informasi Obat Swamedikasi oleh Petugas Apotek pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Tahun 2021
Kepuasan menjadi bagian paling penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasan responden tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemberian informasi obat swamedikasi oleh petugas apotek pada masa pandemi COVID-19 di kecamatan Tuah Madani kota Pekanbaru tahun 2021 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemberian informasi obat swamedikasi oleh petugas apotek pada masa pandemi COVID-19 di Kecamatan Tuah Madani kota Pekanbaru tahun 2021 berdasarkan lima (5) dimensi kualitas pelayanan yakni kehandalan, ketanggapan, perhatian, jaminan dan fasilitas berwujud. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian observasional/survei dengan rancangan penelitian secara deskriptif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling terhadap 114 orang responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian didapatkan kepuasan responden yakni pada aspek dimensi kehandalan (reability) 75%, dimensi ketanggapan (responsiveness) 74%, dimensi perhatian (empaty) 81%, dimensi jaminan (assurance) 82,5%, dimensi fasilitas berwujud (tangible) 83,3%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat di kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru merasa puas terhadap pemberian informasi obat swamedikasi yang didapatkan selama masa pandemi COVID-19.
Tidak tersedia versi lain