LAPORAN TUGAS AKHIR (LTA)
Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Tentang Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma No 464 Batam
Pelayanan kesehatan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk melakukan kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu penyelenggara pelayanan kesehatan adalah Apotek. Pelayanan Kefarmasian adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma No. 464 Batam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma No. 464 Batam termasuk dalam kategori Sangat Puas dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 84,40%. Karakteristik pasien sebagai responden penelitian sebagian besar berusia dibawah 30 tahun 56 orang (56%), jenis kelamin perempuan 79 orang (79%), Menikah 57 orang (57%), status pendidikan tamat SLTA 78 orang (78%) dan pekerjaan swasta 44 orang (44%). Akan tetapi pada dimensi bukti (tangible) terdapat nilai kurang puas sebesar 14% tentang ketercukupan tempat duduk di ruang tunggu pasien. Selain itu dari hasil penelitian ini tingkat kepuasan pasien yang masih perlu ditingkatkan adalah dimensi jaminan (assurance).
Tidak tersedia versi lain